Arus Daerah News

Berita Ter - Update dan Terpopuler

Stop hoaks Rohil

Stop hoaks Rohil
Rohil

Iklan Pemkab Rohil

Iklan Pemkab Rohil
Karhutla
div class="separator" style="clear: both;">

Halaman

Buka Lomba Bercerita Lisan, Sabar AS: Cerita Rakyat Daerah Mesti Dilestarikan

Arus Daerah News
Jumat, 20 September 2024, September 20, 2024 WIB Last Updated 2024-09-20T08:56:22Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Pasaman, -Riautama, Com.
Upaya mencapai Pasaman Cerdas. Bupati Pasaman, Sabar AS, membuka "Lomba Bercerita Lisan1" anak-anak Pasaman, Jum at, 20 September 2024. 

Acara "Lomba Bercerita" tersebut, diadakan oleh Dinas Perputakaan dan Kearsipan Kabupaten Pasaman di gedung Syamsiar Thaib. Diikuti utusan kelas IV dan V SD/ MI se Kabupaten Pasaman. 

Dalam sambutannya, Bupati Pasaman, Sabar AS menyampaikan, Lomba Bercerita Lisan tersebut merupakan salah bukti konsistensi pemerintah daerah kabupaten Pasaman membentuk karakter  gemar membaca dan merangsang kecintaan anak-anak kepada budaya rakyat. 

"Dengan adanya Lomba Bercerira Lisan yang berkelanjutan, diharapkan dapat menanamkan minat baca sedini mungkin. Dimana, siswa termotivasi untuk gemar membaca dan memanfaatkan Perpustakaan yang telah menyediakan berbagai macam buku bacaan yang dibutuhkan", ujar Sabar AS. 

Lebih lanjut Sabar AS menyampaikan, akhir-akhir ini, tradisi bercerita ditengah masyarakat mulai hilang. Cerita "Cindo Mato, Anggun Nan Tongga, Sabai Nan Aluih, dan lain-lain cerita dan legenda yang dahulu hidup di tengah masyarakat mulai hilang. Semakin ditinggalkan, padahal, mengandung pesan-pesan moral yang luar biasa dan mengandung pesan-pesan kearifan lokal", ucapnya 

Hal mulai hilangnya minat pada cerita-cerita yang merupakan warisan budaya Minangkabau dan budaya daerah lainnya dan menurunnya minat baca generasi muda adalah masalah besar dalam membentuk generasi yang handal, berimtaq, dan berbudaya. 

"Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman hadir melakukan solusi. Membangkitkan dan melestarikan minat baca dan cinta budaya daerah dikalangan anak-anak. Maka acara ini harus berkelanjutan dimasa yang akan datang", pesan Sabar AS. 

Lomba Bercerita Lisan tersebut, diikuti oleh 25 orang siswa siswi SD/MI se Kabupaten Pasaman.

(Ul)
Komentar

Tampilkan

Terkini